Apa itu Kalkulasi Grafika ?


Melem gaes, masih tetep seperti pelajaran sebelumnya nih. Iya kalkulasi grafika. Tau kalkulasi grafika gak sih ? Iya yang ngitung ngitung itu. Kalian tau gak fungsinya apa saja ? Nah kalau kalian pada gak tau ane mau kasih info nih dari catatan ane kelas 10 smk. Masih tetep dengan secuil ilmu dari guru ane yang sangat mudah dilupakan tapi sangat susah diingat (hehe bercanda) soalnya lagi belum makan jadi otak lagi encer (gak jelas lagi). Ini nih secuil info pelajaran kalkulasi grafika

Kalkulasi pada dasarnya pelajaran yang mempelajari tentang hitung-menghitung yang ada kaitannya dengan kegiatan produk grafika khususnya tentang cetak mencetak.

Apa yang dihitung ?
Yang dihitung adalah bahan-bahan pokok dan bahan pembantu serta ongkos-ongkos produksi baik ongkos-ongkos sebelum maupun sesudah produksi.

Istilah Kalkulasi berasal dari kata dalam bahasa inggris calculation yang berarti perhitungan

Fungsi kalkulasi di percetakan :
  1. Menentukan harga jual jasa grafika yang dihasilkan
  2. Mengantisipasi permintaan harga pasar
  1. Mengetahui biaya pembuatan suatu barang cetakan
  1. Mengetahui tingkat produktifitas dan keuntungan perusahaan

Fungsi Kalkulasi bagi pelanggan :
  1. Keperluan perencaan anggaran biaya cetak
  2. Mengetahui biaya cetak yang harus dikeluarkan oleh perusahaan
  3. Mengantisipasi biaya cetak pada periode mendatang


Kayaknya itu saja ya yang ane tulis. Kapan - kapan ane tulis lagi catatan yang ada di buku ane. gak lupa nih ngucapin terima kasih ke guru ane kalkulasi. Semoga bermanfaat ya.

Salam kicau

Baca juga : Ukuran kertas A0,B0,C0

Comments

Popular posts from this blog

Standar Ukuran Stempel

Unsur-unsur desain