Jenis-Jenis Kertas Beserta Ukuran Per Plano


Hulaa gaes, hmm pagi ini ane masih nulis catatan yang ada di buku kalkulasi ane nih (tumben semangat pagi-pagi ngeblog) iya abis boker soalnya jadi lebih semangat (hmm aneh maneh). Kemarin ane udah nulis apa sih sebenernya kalkulasi grafika itu ? Nah buat kalian yang belum baca bisa baca dulu nih Apa Itu Kalkulasi Grafika ? Selanjutnya ane mau nulis jenis kertas beserta ukuran per plano. Kalau kalian belum tau plano itu apa ane kasih penjelasannya nanti (baik banget deh) iya ane emang baik dari dulu (gak jadi baik deh) oh njir. Langsung aja nih secuil catatan ane

Kalian tau plano gak sih ?(yang lebar itu kan) iya yang lebar . Jadi plano adalah lembaran-lembaran kertas yang masih utuh. Sekarang kalian tau kuras gak ? (apaan tuh miras?) bukan miras gaes. Jadi kuras itu lembaran-lembaran kertas yang sudah dicetak ataupun belum dicetak dan sudah dilipat (ooooo). Sebelum ane kasih tau apa dan berapa ukuran kertas per plano, ane mau kasih tau nih ukuran kertas yang sering digunakan buat kalian ngeprint buat tugas, kertas apa hayo ? (A4 sama F4) yes dua kertas ini sering digunakan untuk ngeprint tugas.

Ukuran kertas untuk tugas atau dokumen
A4 : 21cm x 29,7cm
A4S : 21,5cm x 29,7cm
Folio : 21,5cm  x 33cm
FYI
Setengah Folio : 16,5cm x 21,5cm
Double Folio : 33cm x 43,0

Ada juga nih yang namanya kwarto biasanya dibuat untuk karya tulis.
Kwarto/ Qwarto : 21,5cm x 27,5cm
Setengah kwarto : 14cm x 21,5cm
Double kwarto : 33cm x 43cm

Selanjutnya adalah jenis kertas dan ukurannya per plano
Art paper : 79cm x 109cm
Art karton : 79cm x 109cm
Ivory : 79cm x 109cm
Dupleks : 79cmx 109cm
Hvs : 65cm x 100cm
Samson Kraft : 90cm x 120cm
Bc : 61cm x 86cm
Jasmine : 79cm x 109cm
Dorslag : 44cm x 69cm
Kertas gambar : 61cm x 86 cm
Linen : 79cm x 109cm
Bufalo : 79cm x 109cm
Fency : 79cm x 109cm
Hammer : 79cm x 109cm
Concorde : 79cm x 109cm
Peacock : 79cm x 109 cm
Hawai : 79cm x 109cm

Cukup itu dulu ya yang ane tulis, kalau ane udah nemu jenis kertas dan ukurannya per plano pasti ane tulis lagi deh. Terima kasih guruku sudah membagikan ilmu lagi (wkwkwk).

Salam Kicau

Comments

Popular posts from this blog

Standar Ukuran Stempel

Unsur-unsur desain

Apa itu Kalkulasi Grafika ?